Bunda Punya Bayi 3 Bulan Menuju 4 Bulan, Ikuti Langkah Ini

Maksimalkan Perkembangan Bayi 3 Bulan Menuju 4 Bulan

Mengetahui perkembangan bayi 3 bulan menuju 4 bulan juga patut untuk dilakukan ya, Bun!  Jadi Bunda bisa memberikan perhatian lebih sekaligus mengetahui permasalahan yang dialami bayi Bunda dan Bunda juga bisa lebih mengoptimalkan tumbuh kembang bayi Bunda.
Maksimalkan Perkembangan Bayi 3 Bulan Menuju 4 Bulan

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Oleh Orang Tua

Saat bayi mulai memasuki usia 3 bulan bahkan lebih, Ia akan mulai mengalami perkembangan fisik, sensorik, motorik dan emosional. Tak ayal jika bayi Bunda akan mulai bisa membedakan wajah Bunda dan ayah. Penglihatannya yang mulai sempurna, membuatnya lebih sering menggerak-gerakkan tangan, mencoba meraih dan menggenggam benda-benda di sekitarnya.

Perkembangan bayi 3 bulan lebih bisa dikatakan sebagai masa keemasan bagi si kecil untuk mengembangkan intelektualnya. Karena diusianya ini gerakan tangan dan penglihatan si kecil mulai terkoordinasi dengan baik, sehingga Ia akan mulai belajar hubungan sebab – akibat.

5 hal yang harus diperhatikan oleh orang tua saat usia bayi Bunda memasuki 3 bulan:
  1. Ketika penglihatannya mulai berkembang, maka akan berkembang pula kemampuan sosialisasinya
  2. Tangisan bayi akan mulai berkurang dan berganti celotehan-celotehan “aaa”, “ooo” sebagai salah satu cara melatih komunikasinya
  3. Bayi akan mulai mudah bosan dan rewel saat digendong dalam posisi tidur karena pandangannya terbatas. Jadi sebaiknya gendong bayi dengan posisi duduk dengan punggung menempel dada Bunda, sehingga Ia bebas mengamati sekitarnya.
  4. Reflek bayi Bunda juga akan mulai menghilang dan berganti gerakan-gerakan yang didorong rasa ingin tahunya terhadap sesuatu
  5. Bayi akan mulai menunjukkan perasaan seperti gembira, marah, sedih, takut. Sehingga Bunda harus mengenali emosinya agar bisa melatih tingkah lakunya sesuai perasaannya.

Mengoptimalkan Perkembangan Bayi 3 Bulan Menuju 4 Bulan

Salah satu perilaku yang menonjol dari perkembangan bayi usia 3 bulan lebih yaitu seringnya mencoba menggerak-gerakkan tangan untuk meraih sesuatu lalu memasukkannya ke dalam mulut. Ia juga akan mulai mengoceh untuk memulai komunikasi. Dan untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya, Bunda bisa mempraktikkan tips berikut ini:

  • Memberikan Mainan

Di usianya ini Ia akan mulai tertarik dengan benda – benda di sekitarnya. Untuk itu, Bunda bisa menyediakan mainan untuk melatih kemampuannya tersebut. Bunda bisa memberikan mainan dengan warna cerah, bisa berbunyi dan juga tidak berbahaya. Karena di usianya ini, Ia juga akan lebih sering memasukkan benda – benda ke dalam mulutnya.

  • Membantu Bersosialisasi

Menginjak usia 3 bulan lebih, bayi Bunda akan mulai mengajak komunikasi dengan mengeluarkan suara-suara tidak begitu jelas. Ia juga akan mudah tersenyum pada orang lain, tertawa bahkan mengajak bermain. Pada kondisi ini peran Bunda sangat diperlukan untuk memberikan rasa aman, sehingga menumbuhkan rasa percaya pada si kecil. Hal tersebut akan membantunya juga untuk berkomunikasi dengan orang lain.

  • Membacakan Buku Cerita

Bayi usia 3 bulan sudah memiliki ingatan yang baik. Jadi semakin sering Bunda mengajaknya berkomunikasi akan membuat perkembangan IQ dan perbendaharaan kosakatanya meningkat. Keadaan tersebut berbanding terbalik dengan bayi yang jarang dibacakan cerita atau diajak komunikasi oleh orang tuanya.
Untuk membuat bayi lebih tertarik, Bunda bisa membeli buku cerita bergambar dengan warna-warna yang cerah.

  • Membantunya Menirukan Sesuatu

Perkembangan bayi saat menirukan sesuatu lebih cepat pada usia ini. Namun jika Bunda belum melihat perkembangan tersebut pada si kecil, Bunda bisa mengkonsultasikannya pada dokter. Semoga tipsnya bermanfaat!

Comments