Layanan Bidan Sela : Keuntungan Mengetahui Usia Kehamilan bagi Ibu Hamil

Layanan Bidan Sela : Keuntungan Mengetahui Usia Kehamilan bagi Ibu Hamil

Keuntungan Mengetahui Usia Kehamilan bagi Ibu Hamil

Kehadiran calon bayi di dalam rahim terkadang tidak disadari oleh sang ibu. Hal tersebut pula yang membuat mereka tidak tahu pasti berapa usia janin yang dikandungnya. Untuk mengetahui usia kehamilan normal, konsultasi dengan dokter menjadi jalan pintas. Biasanya sekalian untuk mengetahui perkembangan si kecil.

Sebenarnya, cara menghitung usia kehamilan sangatlah mudah. Salah satu kuncinya mengetahui kapan hari pertama menstruasi terakhir. Tahu usia kehamilan juga memberikan banyak manfaat bagi bumil. Beberapa di antaranya ada di bawah ini. 

1. Mengetahui Hari Perkiraan Lahir atau HPL

Salah satu fungsi mengetahui usia kehamilan seorang wanita adalah tahu kapan kira-kira bayi lahir. Hari Perkiraan Lahir yang didapat dengan cara menghitung berdasarkan menstruasi terakhir atau USG bukanlah jaminan si kecil lahir di hari tersebut. Bisa saja lahir lebih cepat atau lebih lambat. Namun, hal tersebut dapat membuat bumil bisa menyiapkan diri, baik fisik maupun mental. 

2. Bisa menentukan jadwal tes

Cara menghitung usia kehamilan juga dapat membantu ibu hamil menentukan jadwal tes kesehatan. Seperti yang diketahui, tes kesehatan ibu hamil bermacam-macam. Salah satunya USG yang bisa dilakukan ketika kehamilan memasuki usia 6 minggu. Selain itu juga terdapat tes darah AFP atau Alpha Fetoprotein untuk mengetahui resiko bayi cacat lahir. 

3. Mengetahui metode persalinan terbaik

Selanjutnya manfaat mengetahui usia kehamilan juga penting untuk memilih metode persalinan terbaik bagi bumil dan calon bayi. Selain bisa tahu perkiraan kapan si kecil lahir, dokter juga bisa memprediksi kapan sebaiknya bumil melahirkan dengan cara caesar. Hal tersebut merupakan pencegahan janin lahir dalam keadaan prematur atau postmatur.

4. Mencegah resiko persalinan prematur

Usia kehamilan sangat penting bagi dokter untuk menentukan bayi dilahirkan kapan jika menjalani persalinan caesar. Tak cukup sampai disitu, mengetahui cara menghitung usia kehamilan juga dapat mencegah resiko bayi lahir prematur. Bidan atau dokter bisa melakukan tindakan spesifik dengan melihat usia kandungan tersebut.  Untuk Anda yang berada di daerah bandung khususnya marga asih, layanan konsultasi bidan sela bisa menjadi sumber informasi terkait segala hal yang berkaitan dngan kehamilan Anda. Kunjungi official websitenya di bidansela.com

Posting Komentar

0 Komentar