Ketahui Penyebab Kondisi Janin 6 Bulan Jarang Bergerak

  • Posted by Gilang Biantara
  • at 2:50 AM -
  • 0 comments

Ketahui Penyebab Kondisi Janin 6 Bulan Jarang Bergerak

Pada kehamilan trimester kedua tepatnya setelah usia kehamilan 14 minggu, bunda biasanya sudah mulai bisa merasakan pergerakan janin secara nyata. Pada janin 6 bulan, malahan pergerakan itu juga bisa terlihat sampai ke permukaan perut. Adalah wajar ketika janin 6 bulan gerak terus karena usia kehamilan tersebut sudah mulai memasuki akhir trimester kedua. Artinya, janin di dalam perut sedang bersiap-siap untuk keluar.
Ketahui Penyebab Kondisi Janin 6 Bulan Jarang Bergerak
sumber: https://image.freepik.com/free-vector/pregnancy-ultrasound-screening-retro-cartoon-illustration_1284-16432.jpg

Namun, ada kalanya kasus yang terjadi seperti halnya janin 6 bulan jarang bergerak. Biasanya, hal tersebut dikarenakan janin sedang dalam kondisi tertidur atau beristirahat. Makanya, pergerakannya menjadi kurang aktif. Seiring berjalannya waktu, bunda pasti mulai bisa membedakan terkait keaktifan maupun kepasifan pergerakan janin. Tapi, bunda juga harus waspada akan pergerakan janin yang semakin pasif.
Ketahui Penyebab Kondisi Janin 6 Bulan Jarang Bergerak 2
sumber:https://image.freepik.com/free-photo/plush-toy-sonogram-image_23-2147698740.jpg
Baca Juga Artikel : Perkembangan bayi 8 bulan

Karena bisa jadi, gerakan janin yang kurang aktif tersebut diakibatkan oleh beberapa sebab berikut ini.

Penyebab Janin 6 Bulan Jarang Bergerak

Ada beberapa penyebab yang harus bunda perhatikan guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Karena bisa jadi janin 6 bulan jarang bergerak adalah pertanda kehamilan bunda berada di taraf fatal.

Terjadi gangguan

Salah satu sebab yang menjadikan janin 6 bulan mengalami pergerakan yang jarang ialah terjadi gangguan pada pertumbuhan janin atau pada plasenta. Nah, bunda bisa mengonsultasikan hal ini kepada dokter yang menangani bunda selama masa kehamilan. Jangan biarkan berlarut-larut jika pergerakan janin yang jarang ini terjadi secara terus-menerus.

Bunda kelelahan

Saat sudah hamil tua, bunda hendaknya memperbanyak istirahat, tidur yang cukup, serta memperbanyak asupan nutrisi untuk si buah hati. Banyak minum air putih juga, karena jika bunda mengalami dehidrasi dan mengalami kurang cairan dalam tubuh, hal itu akan berdampak pada janin.

Bayi Mengalami Stres

Selama masa kehamilan, seorang ibu hendaknya memang mengurangi beban pikiran karena itu juga akan berdampak pada si caalon buah hati. Jadi, ketika bunda merasa stres, bisa jadi si janin juga akan merasakannya. Nah, hal itu sebaiknya bunda hindari untuk kesehatan si janin.

Prematur

Normalnya, janin 6 bulan gerak terus karena memangusia kehamilan sudah memasuki hampir trimester ketiga kehamilan. Tapi bisa jadi, pergerakan janin yang mulai jarang adalah penyebab dari janin yang prematur. Namun sebelum bunda menyimpulkan hal itu benar atau salah, ada baiknya bunda mengonsultasikannya pada dokter yang menangani bunda.

Kematian Janin

Salah satu bagian terburuk dari kepasifan pergerakan janin adalah risiko mengalami kematian sebelum persalinan. Namun, bunda jangan panik dulu dan langsung menduga akan hal tersebut. Karena ada baiknya bunda memeriksakan kehamilan tersebut secara rutin untuk mengetahui perkembangan janin.

Keguguran

Kemungkinan bunda mengalami keguguran juga sangat banyak. Jadi, tidak hanya disebabkan oleh pergerakan janin yang semakin jarang saja. Dalam hal ini, bunda harus tahu dulu kondisi kesehatan diri bunda sendiri dan si janin. Ada baiknya saat masa kehamilan bunda selalu rutin cek kehamilan pada dokter maupun rumah sakit terdekat.

Adapun usia kehamilan yang semakin mendekati masa persalnan ialah kondisi yang rawan untuk ibu hami. Maka sebaiknya pada masa kehamilan ini bunda jangan terlalu terbebani oleh banyak kegiatan yang menghabiskan energi.

Itu dia sedikit informasi terkait penyebab janin 6 bulan jarang gerak. Karena normalnya yang sering kita ketahui ialah janin 6 bulan bergerak terus. Sebenarnya, kadang hal tersebut wajar karena saat itu janin mungkin sedang tidur atau beristirahat. Tapi perhatikan juga ketika janin 6 bulan mulai pasif bergerak tidak seperti biasanya. Periksakan hal tersebut ke dokter yang menangani bunda sebelum terlambat.
Baca Juga Artikel : Perkembangan Janin 13 Minggu



Author

Bidan Putsel

Bidan Puput Sela Soraya, berbagi tulisan untuk membantu bunda dan si kecil.

0 comments: