4 Kemampuan Janin yang Penting Diketahui Bunda Di usia Janin 5 Bulan

  • Posted by Gilang Biantara
  • at 12:02 AM -
  • 0 comments
Bisa dibilang kandungan 5 bulan, merupakan usia yang nyaman sekaligus menarik bagi Bunda. Bagaimana tidak, selain moring sickness sudah mulai berhenti, pada tahap ini, janin juga akan mulai bergerak aktif serta memiliki kemampuan menarik. Lalu apa saja kemampuan janin yang penting diketahui di usia kandungan 5 bulan? Berikut penjelasannya:
“Tidak hanya berkembang dalam segi fisik, di usia kandungan 5 bulan, kemampuan janin juga akan bertambah. Apa saja? berikut penjelasannya”
sumber:https://image.freepik.com/free-photo/mother-showing-picture-ultrasound_23-2148252684.jpg
Baca Juga Artikel : Perkembangan bayi 8 bulan

Janin Usia 5 Bulan Mulai Bisa Bergerak

Gerakan janin merupakan salah satu kemampuan yang akan dimiliki janin di usia 5 bulan. Pada tahap ini, umumnya Bunda akan merasakan gerakan halus janin, atau sesekali, gerakan akan terasa seperti pukulan, entakan dan tendangan. Di dunia medis, pergerakan janin sendiri merupakan hal yang wajar dan sering dijadikan sebagai parameter kesehatan janin dalam kandungan. Meskipun kenyatannya, seringkali janin tidak selalu bergerak aktif loh! berikut lebih jelasnya:

Janin Usia 5 Bulan Bergerak Aktif

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, gerakan janin dapat menjadi salah satu parameter kesehatan janin dalam kandungan. Dalam hal ini, gerakan yang dimaksud yaitu meliputi keaktifan gerakan janin. Jika janin aktif, maka bisa dikatakan kondisi janin dalam kandungan sehat.
Namun dalam dunia medis, keaktifan inipun sebenarnya memiliki keidealan tersendiri. Seperti yang dijelaskan dokter ahli kandungan dan kehamilan dari RSIA Bunda, yaitu Taufik jamaan, idealnya setiap satu jam janin dalam perut akan bergerak 1 sampai 2 kali. Karena itu, jika keaktifan janin terasa lebih, maka Bunda harus waspada. Sebab dikhawatirkan keaktifan gerakan tersebut merupakan pemberontakan janin akibat kekurangan nutrisi, atau asupan oksigen.

Janin 5 Bulan Kurang Gerak

Keaktifan janin memang bisa menjadi tanda sehatnya kandungan. Namun bagaimana jika ternyata janin kurang gerak? Tidak perlu khawatir. Pada dasarnya keaktifan gerakan pada tiap janin akan memiliki pola yang berbeda. Seperti halnya manusia dewasa, janin juga memiliki waktu bersemangat dan juga waktu malas. Selain itu, alasan lain yang membuat janin kurang gerak yaitu janin merasa nyaman. Misalnya ketika Bunda melakukan gerakan atau aktivitas yang sangat banyak.
Jadi, selama aktivitas gerakan janin tidak menurun secara drastis, atau bahkan sama sekali tidak bergerak, kondisi janin tetap aman.

Alat Indera Janin Mulai Bisa Berfungsi

Tidak hanya mampu bergerak aktif, di usia 5 bulan, kemapuan indera janin juga telah berfungsi. Salah satunya yaitu kemampuan indera pendengaran. Dalam hal ini, kepekaan indera pendengaran janin dapat Bunda lihat dari respon janin ketika Anda melakukan interaksi dengan mereka. Misalnya, berupa tendangan, pukulan, atau gerakan-gerakan lainnya.

Adapun interaksi tersebut, dapat Bunda lakukan dengan membuka percakapan ringan dengan janin, atau dengan cara mendengarkannya musik lembut yang dapat membuat mood janin menjadi baik. Selain itu, indera lain yang mulai berfungsi yaitu indera pengecapan yang terbentuk pada lidah janin.

Janin Telah Memiliki Rangsangan Cahaya

Kemampuan lain yang juga dimiliki janin di usia kandungan 5 bulan yaitu janin mampu menerima rangsangan cahaya dari luar. Ini tentu menarik. Pembuktian rangsangan, dapat Bunda lakukan dengan cara menyorotkan cahaya pada perut. Nah, saat disorotkan, secara otomatis janin akan merespon dengan gerakan-gerakan. Untuk cara paling mudah, cahaya bisa Bunda dapat dari senter atau lainnya.

Janin Mampu Menghisap Jempol

Selain mengalami perkembangan dalam hal fisik, janin juga mengalami perkembangan organ vital bagian dalam seperti otak. Pada tahap ini, otak janin akan mengalami perkembangan yang sangat cepat. Dalam hal ini, kemampuan ini dapat dibuktikan dari respon janin yang mulai mampu menghisap jempol, sebagai cara untuk menenangkan diri.
Itulah 4 kemampuan yang akan dimiliki janin di usia kandungan 5 bulan. Perkembangan kemampuan yang sangat menarik dan membuat Bunda bahagia bukan?
Baca Juga Artikel : Perkembangan Janin 13 Minggu

Author

Bidan Putsel

Bidan Puput Sela Soraya, berbagi tulisan untuk membantu bunda dan si kecil.

0 comments: