Bunda, Inilah Kondisi Perkembangan Bayi 5 Bulan dalam Kandungan

  • Posted by Gilang Biantara
  • at 8:29 PM -
  • 0 comments

Bunda, Inilah Kondisi Perkembangan Bayi 5 Bulan dalam Kandungan

Kehamilan usia 5 bulan menjadi perkembangan signifikan yang akan Bunda rasakan. Selain tidak akan mengalami morning sickness, di kehamilan 5 bulan ini Bunda akan merasakan perkembangan mengejutkan dari janin yang dikandung. Apa sajakah perkembangan bayi 5 bulan dalam kandungan? Simak ulasan berikut.
Kehamilan usia 5 bulan menjadi perkembangan signifikan yang akan Bunda rasakan. Selain tidak akan mengalami morning sickness, di kehamilan 5 bulan ini Bunda akan merasakan perkembangan mengejutkan dari janin yang dikandung. Apa sajakah perkembangan bayi 5 bulan dalam kandungan? Simak ulasan berikut.
sumber:https://image.freepik.com/free-photo/front-view-pregnant-woman-looking-away_23-2148252549.jpg

Perkembangan Bayi 5 Bulan di Dalam Perut

Di trimester 2 ini akan banyak hal yang dirasakan dari kehamilan Bunda. Terlebih bagi Bunda yang baru mengalami kehamilan yang pertama kalinya. Beberapa perubahan menakjubkan akan Bunda rasakan saat memasuki minggu ke-21 hingga minggu ke-24 kehamilan.

  • Janin Mulai Bergerak Aktif


Meskipun pergerakan janin sudah mulai terasa ketika memasuki usia kehamilan 4 bulan, beberapa ibu hamil justru baru merasakan pergerakan janin di usia 5 bulan kehamilan. Selain itu, pergerakan janin usia 5 bulan tidak hanya berupa gerakan halus, cegukan, ataupun sekedar merasakan denyut jantung saja. Pergerakan janin 5 bulan dalam kandungan akan terasa lebih kuat, bahkan Bunda bisa merasakan sikutan ataupun tendangan dari bayi dalam kandungan.

  • Jenis Kelamin Bayi Mulai Terlihat


Pada pemeriksaan ultrasonografi, dokter kandungan Anda sudah bisa melihat bentuk janin dengan lebih sempurna dan alat kelamin bayi sudah mulai terbentuk. Hal ini tentu saja menjadi kabar gembira karena Bunda sudah bisa mempersiapkan beberapa perlengkapan bayi yang sesuai dengan jenis kelamin bayi.

  • Janin Sudah Bisa Mendengar


Organ janin sudah berkembang dengan baik. Begitu pula dengan indera pendengaran janin. Di usia 5 bulan kehamilan, janin sudah bisa mendengar beragam suara dari luar rahim. Sehingga penting bagi Bunda untuk mulai menstimulasi perkembangan janin. Hal ini akan sangat berpengaruh pada perkembangan bahasa bayi kelak ketika sudah dilahirkan. Bunda bisa mengajak janin mengobrol, membacakan beragam kisah dari buka, mendendangkan lagu, hingga melantunkan ayat suci al quran.

  • Janin Mulai Sensitif Terhadap Rangsangan Cahaya


Selain Bunda bisa menstimulasi indera pendengaran janin, Bunda juga sudah bisa menstimulasi rangsangan cahaya sejak dalam kandungan. Stimulasi ini bisa Bunda berikan jika gerakan janin dalam perut mulai berkurang ataupun Bunda ingin mengetahui respon janin terhadap rangsangan cahaya. Caranya adalah dengan menggunakan lampu senter dan arahkan ke perut Bunda. Biasanya janin akan merespon dengan cara menendang ataupun meninju perut Bunda.

  • Tumbuhnya Rambut dan Alis Janin

Selain berkembangnya organ janin, di usia 5 bulan kehamilan akan mulai tumbuh rambut dan alis janin. Tumbuhnya rambut dan alis janin merupakan rambut-rambut sementara yang akan rontok setelah 2 minggu kelahiran bayi untuk digantikan dengan rambut permanen.
Beberapa mitos yang beredar di masyarakat banyak yang menyebutkan bahwa perut ibu hamil yang gatal merupakan akibat dari tumbuhnya rambut pada janin. Beberapa masyarakat juga meyakini bahwa perut gatal saat hamil nantinya akan melahirkan bayi dengan rambut yang lebat. Anggapan seperti ini tentu saja tidak sepenuhnya benar. Perut ibu hamil yang gatal disebabkan oleh peregangan perut karena melebarnya janin dan bisa dianjurkan tidak untuk digaruk untuk menccegah parut pada kulit perut.

  • Janin Mengisap Jempol

Bunda, Inilah Perkembangan Bayi 5 Bulan dalam Kandungan
sumber:https://image.freepik.com/free-vector/little-baby-curl-up_1308-19142.jpg
Salah satu respon naluriah janin dalam perut untuk mengatasi kecemasannya adalah mengisap jempol. Respon ini bisa terlihat ketika Bunda melakukan pemeriksaan ultrasonografi untuk mengetahui kondisi janin secara lebih jelas.
Nah, itulah beberapa perkembangan bayi 5 bulan dalam kandungan. Meskipun Bunda sudah mulai merasakan kenyamanan dengan kehamilan, Bunda harus tetap menjaga asupan nutrisi dan memberikan stimulasi pada bayi. Semoga informasi di atas bermanfaat.


Author

Bidan Putsel

Bidan Puput Sela Soraya, berbagi tulisan untuk membantu bunda dan si kecil.

0 comments: