Memahami Tanda Perkembangan Bayi 3 Bulan yang Sehat

  • Posted by Gilang Biantara
  • at 2:36 AM -
  • 0 comments
Dapat mengikuti tahap tumbuh kembang si kecil tentu saja menjadi harapan setiap orang tua. Bunda juga pasti berharap si kecil tumbuh dengan sehat dan pintar. Umumnya bayi laki-laki usia 3 bulan memiliki bobot sekitar 5,1-7,9 kilo dengan panjang sekitar 57,6-65,3 cm. Sementara untuk bayi perempuan memiliki bobot 4,6-7,4 kilo dengan panjang 55,8-63,8 cm. Perkembangan bayi 3 bulan yang sehat lain juga tampak pada perkembangan motoriknya.

Lalu apa saja sih tanda-tanda lain yang bisa menjadi indikator dikatakannya bayi usia 3 bulan mengalami tubuh kembang yang sehat?

Tanda-Tanda Perkembangan Bayi 3 Bulan yang Sehat


1. Mengangkat Kepala
Hal pertama yang bisa Bunda perhatikan dari tumbuh kembang bayi 3 bulan yaitu Ia mulai bisa mengangkat kepalanya dan mampu menopangnya dengan kedua lengannya. Dalam posisi duduk, si kecil juga mulai bisa menegakkan kepalanya dengan lurus. Tidak hanya itu, saat diletakkan berbaring, si kecil mulai bisa mengangkat-angkat kepalanya meski hanya sebentar.

2. Lengan, Kaki dan Tangannya Terkoordinasi dengan Baik
Perkembangan bayi 3 bulan setengah yang bisa Bunda perhatikan yaitu gerak-geriknya saat menggerakkan dan melambaikan tangan serta mencoba menendang-nendangkan kakinya. Pada usia ini juga, si kecil mulai bisa menggenggam dan membuka jari-jarinya. Tidak jarang juga Ia akan memasukkan mainan atau benda ke dalam mulutnya.

Jika Bunda memasang mainan di atas kepalanya, Ia akan mencoba untuk meraih dan memukul-mukulnya dengan kepalan tangannya. Dapat dikatakan pencapain si kecil dalam mengkoordinasikan lengan, kaki dan tangannya merupakan pencapaian yang penting di usia 3 bulan.

3. Menjulurkan Lidah
Pada usia ini si kecil akan sering menjulurkan lidahnya dan memainkan air liurnya sendiri dengan membuat gelembung-gelembung kecil. Bunda tidak perlu khawatir jika si kecil jadi mudah ngeces, karena itu sesuatu yang normal.

4. Mulai Jarang Menangis dan Sering Berceloteh
Tanda perkembangan yang sehat lainnya yaitu Ia mulai jarang menangis dan lebih banyak tersenyum. Selain itu si kecil akan sering berceloteh meski tidak begitu jelas, tetapi hal itu merupakan perkembangan yang baik di usia 3 bulan.

6. Pola Tidur Stabil
Saat si kecil masuk usia 3 bulan, ayah dan Bunda akan merasa sedikit lega, karena di usia ini bayi lebih jarang terbangun saat malam hari. Pola tidurnya juga semakin stabil dan lama. Hal itu lantaran sistem saraf bayi semakin sempurna dan lambungnya mampu menerima banyak susu.

7. Mengenali Orang Tuanya
Tanda lain yang tampak dari perkembangan bayi 3 bulan lebih yaitu Ia mulai bisa mengenali wajah orang tuanya. Pada usia 3 bulan, lobus pariental mulai mengkoordinasi mata dan tangan serta mengenali objek. Sementara lobus temporal mulai mengenali bau, mendengar suara dan aktif-responsif.

Kapan Bunda Harus Khawatir dengan Perkembangan Si Kecil?
Meski setiap tumbuh kembang bayi berbeda-beda, Bunda juga tetap harus waspada jika pada usia 3 bulan, Ia belum bisa melakukan hal berikut :


  • Kesulitan menggerakkan satu atau dua mata ke semua arah
  • Tidak berceloteh atau menirukan suara yang dibuat oleh Bunda
  • Tidak bisa menopang kepalanya dengan baik


Untuk mengetahui apakah bayi Bunda mengalami tumbuh kembang yang sehat dan normal di usia 3 bulan. Bunda bisa memperhatikan tanda-tanda berikut ini!



  • Tidak merespon suara
  • Tidak dapat mengenali tangannya sediri
  • Sering memperlihatkan mata juling
  • Tidak meraih, menyentuh, memegang maupun menggenggam benda yang ada di sekitar jangkauannya.


Nah, itulah tanda perkembangan bayi 3 bulan yang sehat dan juga kapan Bunda harus khawatir terhadap perkembangannya. Semoga si kecil tumbuh sehat dan pintar ya bun!

Author

Bidan Putsel

Bidan Puput Sela Soraya, berbagi tulisan untuk membantu bunda dan si kecil.

0 comments: