Intip Perkembangan Bayi 3 Bulan Berikut ini Yuk Bun!

  • Posted by Gilang Biantara
  • at 9:31 PM -
  • 0 comments

Intip Perkembangan Bayi 3 Bulan Berikut ini Yuk Bun!

Sebagai orang tua, Bunda tentu merasa bahagia, gemas sekaligus was-was dengan perkembangan bayi Bunda. Apalagi jika bayi Bunda sudah berumur 3 bulan, sudah mulai bisa tersenyum, mulai mengangkat kepala, mulai mencoba berinteraksi dengan sekitar. Tentunya menggemaskan sekali, kan?. Untuk itu Bunda juga perlu lebih tau tentang perkembangan bayi 3 bulan, agar Bunda bisa memberikan hal terbaik untuk bayi Bunda.

Intip Perkembangan Bayi 3 Bulan Berikut ini Yuk Bun


Perkembangan Bayi 3 Bulan

Dapat dikatakan saat bayi berumur 3 bulan, Dia mulai memperlihatkan tingkah-tingkah menggemaskan. Banyak sekali perkembangan yang bisa Bunda perhatikan loh!

Perkembangan Fisik

Coba Bunda perhatikan seksama fisik bayi Bunda. Di usia 3 bulan, bayi akan mengalami perkembangan fisik yang cukup signifikan. Saat tengkurap misalnya, bayi akan mulai bisa menahan berat dada dan kepala dengan kedua tangannya,dalam keadaan yang sama Ia juga bisa menggerak-gerakkan kakinya dan juga menendang. Itu artinya, bayi mulai memiliki kekuatan tubuh bagian atas dan bawah.

Selain itu bayi Bunda juga akan lebih sering memasukkan tangannya sendiri ke mulut, atau juga mengambil mainan dan mengarahkan ke mukanya. Bunda tidak perlu khawatir, karena perilaku tersebut merupakan salah satu cara si kecil mempelajari tangannya. Tapi tetap harus diawasi ya Bunda!

Perkembangan Sensorik

Di usianya yang 3 bulan, ketika Bunda mengatakan sesuatu Ia akan tersenyum dan ketika menatapnya, si kecil akan menatap lekat pada mata Bunda. Pada usia ini juga, bayi mulai bisa merasakan emosi sedih dan bahagia saat mendengarkan sesuatu dan melihat orang baru.

Perkembangan Kognitif

di usianya ini si kecil akan mengalami perkembangan kognitif, Ia akan mulai mengikuti gerak benda di depannya. Ia juga akan lebih sering tersenyum, bukan hanya kepada Bunda atau ayahnya saja, tetapi juga pada orang lain. Pada usia ini, Ia akan belajar memahami ekpresi wajah seseorang.

Perkembangan Emosi dan Komunikasi
Selain perkembangan fisik, sensori dan kognitif, pada usia 3 bulan bayi Bunda juga akan mulai bisa berkomunikasi dan berbahasa. Jika biasanya si bayi berkomunikasi dengan menangis, pada usia 3 bulan Ia akan mulai mengekspresikan perasaannya dengan celotehan “ah’’ atau “oh”. Jika Bunda dan ayah sering berkomunikasi dengan si kecil, maka Ia akan semakin mudah menyusun kata-kata dan suaranya.

Perbedaan Perkembangan Bayi 3 Bulan Pada Setiap Individu

Setiap bayi memilik tahap pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda-beda ya, Bun! Nah, agar mengurangi kekhawatiran Bunda, perhatikan penjelasan di bawah ini!

Kemampuan yang Dikuasai (Kebanyakan Bayi Bisa Melakukannya)
Ada beberapa kemampuan yang kebanyakan bayi 3 bulan bisa melakukannya, seperti:

  1. Dapat menegakkan kepala
  2. Dapat mengenali aroma tubuh dan wajah ayah – Bunda
  3. Dapat mengikuti objek di depan mata
Kemampuan Baru (Sebagian Bayi Bisa Melakukannya)
Kemampuan baru pun akan mulai dikuasai oleh si kecil, tapi tidak semua bayi usia 3 bulan melakukannya, seperti:

  1. Mengenali suara ayah – Bunda
  2. Menjerit, mengoceh dan berdecak
  3. Melakukan mini push-up
  4. Membuat gelembung dari air liur
Kemampuan Lanjutan (Hanya Sedikit Bayi Bisa Melakukannya)
Biasanya di usia ini, bayi Bunda juga akan mulai menguasai kemampuan lanjutan, tapi kemampuan ini hanya sedikit bayi yang bisa melakukannya, seperti:

  1. Menoleh ke arah suara
  2. Dapat memainkan mainan dan menyatukan tangan
  3. Berguling
Yang perlu Bunda ingat, tumbuh kembang bayi Bunda bukanlah sebuah kompetisi. Jadi Bunda tidak perlu membanding-bandingkannya dengan bayi lain. Karena setiap anak memiliki tumbuh kembang berbeda-beda, ada yang cepat dan ada juga yang sedikit lambat, tapi itu normal kok, Bun. Meski begitu jangan pernah malu berkonsultasi dengan dokter mengenai kekhawatiran Bunda ya!

Demikian penjelasan mengenai perkembangan bayi 3 bulan, semoga bermanfaat!









Author

Bidan Putsel

Bidan Puput Sela Soraya, berbagi tulisan untuk membantu bunda dan si kecil.

0 comments: