Mengenali Perkembangan Janin 2 Bulan dan Cara Menjaganya

  • Posted by Gilang Biantara
  • at 3:43 AM -
  • 0 comments

Mengenali Perkembangan Janin 2 Bulan dan Cara Menjaganya

Bunda, apa pentingnya mengenali perkembangan janin 2 bulan dan mengetahui cara menjaganya? Pertama, sebagai informasi bagi Bunda, tentu selain mendengarkan penjelasan dokter saat Bunda memeriksakan kandungan. Kedua, sebagai langkah pencegahan agar kesehatan janin Bunda selalu terjaga hingga proses melahirkan nanti.
Mengenali Perkembangan Janin 2 Bulan dan Cara Menjaganya
sumber:https://docs.google.com/document/d/1iGRB0ZejRp-q8lMOyZ_8pRJ7N2a_jtCn/edit

Perkembangan Janin 2 Bulan Yang Harus Bunda Tahu

Pada usia 2 bulan, janin mengalami penyempurnaan organ-organ fital dalam tubuhnya. Misalnya organ pernapasan seperti tenggorokan dan paru-paru. Organ-organ tersebut sudah terbentuk, namun belum berfungsi sebagaimana mestinya. Meski demikian, janin sudah mulai belajar bernapas dengan menghirup cairan ketubannya.

Perkembangan inilah yang menyebabkan Bunda mengalami morning sickness akut. Dengan begitu, Bunda tidak perlu takut jika tengah mengalami morning sickness. Sebab, morning sickness adalah pertanda bagus. Morning sickness menjadi indikasi bahwa janin dalam perut Bunda tengah mengalami perkembangan.

Bagaimana dengan bentuk janin saat usia itu? Secara keseluruhan bentuknya sudah terlihat lebih baik dibandingkan dengan saat janin berusia 1 bulan. Bentuk wajah janin berusia 2 bulan sudah terlihat. Hidung dan kelopak matanya sudah tampak, tetapi daun telinganya belum sempurna. Panjang total tubuhnya sekitar 1,6 cm. Sangat mungil, bukan?

Seluruh anggota tubuh janin juga sudah memiliki cikal bakal yang jelas pada usia 2 bulan. Tulang-tulangnya telah tumbuh. Jemari tangan serta jemari kaki sudah ada. Ekor embrio sudah menghilang sepenuhnya. Tungkainya pun sudah terlihat memanjang. Tetapi jenis kelamin belum terlihat karena masih mengalami penyempurnaan.

Dari hari ke hari, perkembangan janin akan semakin baik. Setidaknya, dalam setiap minggu perkembangannya, ada saja yang berubah hingga bentuk janin benar-benar sempurna.

Tips Menjaga Janin 2 Bulan

Janin 2 bulan apakah sudah bernyawa? Janin 2 bulan belum memiliki nyawa. Namun begitu, bentuk janin sudah lengkap. Itu mengapa, pada kasus janin 2 bulan yang digugurkan ditemukan bentuk janin yang sudah seperti manusia meski dengan ukuran yang sangat kecil.
Di luar apa yang menjadi penyebab seseorang menggugurkan kandungannya, usia 2 bulan sebuah kandungan masih tergolong rawan mengalami keguguran. Tentu saja, agar janin terus berkembang dan selamat hingga dilahirkan, Bunda perlu menjaganya dengan sebaik mungkin. Beberapa caranya adalah sebagai berikut:

Mengatasi keluhan morning sickness

Keluhan yang umumnya terjadi pada masa kehamilan awal adalah nyeri pada payudara, mual dan muntah, juga sensitif terhadap bau tertentu. Untuk mengatasinya, Bunda bisa makan dalam porsi kecil, namun sering. Bunda juga harus memperbanyak minum air dan melakukan aktivitas ringan.
Menghindari rokok, minuman beralkohol, dan membatasi kafein
Asap rokok adalah salah satu penyebab lahir prematur. Atau paling akut dari itu adalah, janin mengalami keguguran. Alkohol membuat risiko bayi mengalami gangguan dalam tumbuh kembangnya. Konsumsi kafein berlebihan memiliki risiko besar terhadap keguguran.

Mengendalikan kondisi emosional

Mood selama masa kehamilan memang sering kali buruk dan mudah berubah. Rasa cemas kadang-kadang datang. Itu sebabnya, minta dukungan pada keluarga dan terus mengontrol diri adalah jalan terbaik. Yakinkan diri Bunda, bahwa masa kehamilan adalah kenangan indah yang harus dinikmati dengan sebenar-benarnya.

Waspadai tanda-tanda bahaya kehamilan

Hal-hal yang harus diwaspadai saat Bunda hamil adalah pendaharan yang disertai rasa sakit pada bagian perut bawah. Bunda juga harus mewaspadai saat cairan vagina mengalami perubahan pada warna dan bau. Mual dan muntah yang umumnya dialami perempuan hamil, bisa dikonsultasikan kepada dokter jika diiringi dengan deman atau detak jantung yang tidak beraturan.

Lakukan pemeriksaan secara rutin

Mengunjungi pusat kesehatan atau bidan secara rutin sangat diperlukan. Lebih-lebih untuk mengetahui perkembangan janin dan melihat kondisinya. Karena itu, sebaiknya Bunda tidak menganggap hal ini remeh.
Demikian ulasan tentang perkembangan janin 2 bulan dan cara merawatnya. Semoga bermanfaat bagi Bunda.


Author

Bidan Putsel

Bidan Puput Sela Soraya, berbagi tulisan untuk membantu bunda dan si kecil.

0 comments: