Ingin Tau Hebatnya Kondisi Janin 3 Bulan dalam Kandungan Bunda

  • Posted by Gilang Biantara
  • at 8:41 PM -
  • 0 comments

Hebatnya Janin 3 Bulan dalam Kandungan Bunda

Bunda, perkembangan janin dalam rahim saat masa kehamilan tentu sangat menakjubkan. Memasuki masa kandungan 3 bulan atau akhir trisemester pertama ini janin akan mengalami penurunan risiko keguguran. Pada masa kehamilan ini, Bunda sudah mulai menyesuaikan diri dengan janin di dalam rahim. Morning sickness yang sering terjadi di awal masa kehamilan juga mulai berkurang.
Bahkan usia janin yang baru 3 bulan ini sudah mengalami perkembangan luar biasa. Lalu, bagaimana hebatnya perkembangan janin 3 bulan dalam kandungan? Simak ulasan selengkapnya sebagai berikut.
Hebatnya Janin 3 Bulan dalam Kandungan Bunda
sumber:https://image.freepik.com/free-photo/pregnant-woman-her-husband-hand-showing-heart-shape_1150-5132.jpg


1. Bagian Tubuh Janin Mulai Tampak

Pada usia 3 bulan, janin sudah sebesar jeruk nipis. Ukuran tubuhnya mencapai 3,5 inchi dengan panjang 1,5 ons. Bagian tubuh janin juga mulai terbentuk. Dimulai dari bagian kepala yang tampak lebih besar dari bagian tubuh lain. Kemudian kelopak mata terbentuk untuk menutupi mata. Bagian lidah, mulut, laring dan bibir sudah terbentuk dan berada pada tempatnya di area kepala. Selain itu, telinga, hidung dan leher juga mulai berkembang.

2. Organ Tubuh Janin Mulai Berkembang

Janin 3 bulan 1 minggu memiliki organ yang mulai berkembang. Pada masa ini, Jantung sudah berkembang dan berdetak. Meskipun detakan jantung janin hanya dapat didengar secara elektronik. Pankreas janin mulai berfungsi melakukan sekresi insulin. Sementara ginjal berkembang karena janin mulai buang air kecil ke kandung kemih. Sumsum tulng juga mulai memproduksi sel darah putih untuk menjaga kesehatan janin.

3. Janin Membentuk Sidik Jari

Bunda, ketika janin berusia 3 bulan, kulit tubuh janin sudah terbentuk. Meskipun kulit janin masih transparan karena jaringan vena bisa terlihat. Kulit juga sudah menyelimuti bagian jari tangan dan kaki yang telah tampak. Kulit pada jari tangan dan kaki tersebut sudah membentuk sidik jari. Sidik jari janin akan selesai terbentuk bersamaan dengan perkembangan kulit di tahapan akhir masa kehamilan.

4. Janin Aktif Bergerak

Sistem muskuloskeletal otot dan tulang pada janin usia 3 bulan sudah mulai terbentuk dan terorganisir. Sistem saraf juga mulai berkembang. Akibatnya, otot pada anggota tubuh mulai belajar bergerak. Umumnya, janin 3 bulan aktif bergerak. Memeriksa perlengkapan bayi sangat diperlukan pada masa kehamilan ini. Seperti menendang, memutar, menggerakkan ibu jari ke mulut untuk diisap, menyeringai atau mengerutkan kening.

5. Cegukan Janin Tidak Bersuara

Janin Bunda mulai mengisap jari jempolnya. Hal ini merupakan persiapan janin untuk nanti menyusui setelah lahir. Ketika mengisap, cairan ketuban ikut masuk ke dalam mulut. Kemudian sedikit demi sedikit menelan cairan tersebut lalu dialirkan kembali sebagai urine. Sementara itu, janin juga mulai berlatih bernapas dengan terjadinya cegukan. Namun, cegukan janin tidak bersuara karena tenggorokannya penuh dengan cairan ketuban yang masuk.

6. Kelamin Janin Dapat Diidentifikasi

Tahukah Bunda bahwa janin umur 3 bulan sudah bisa diidentifikasi jenis kelaminnya. Pada usia ini, ovarium atau testis Janis sudah berkembang. Organ kelamin luar juga telah terbentuk. Meskipun harus dideteksi dengan teliti menggunakan USG. Pada janin perempuan, ovarium sudah menampung minimal 2 juta sel telur. Umumnya, mengandung janin laki-laki membuat perut Bunda bulat sempurna. Sementara janin perempuan membuat perut Bunda melebar.

Hebatnya janin 3 bulan ini tentu menjadi anugerah tersendiri. Terlebih bagi Bunda dan pasangan yang mendambakan kehadiran buah hati. Namun Bunda perlu ingat bahwa usia 3 bulan ini masih rentan terhadap risiko keguguran. Oleh sebab itu, Bunda harus terus memantau kesehatan dan keselamatan Bunda dan janin sampai masa persalinan datang ya.

Author

Bidan Putsel

Bidan Puput Sela Soraya, berbagi tulisan untuk membantu bunda dan si kecil.

0 comments: