Hamil Janin 7 Bulan? Ceklis Persiapannya di Sini

  • Posted by Gilang Biantara
  • at 1:30 AM -
  • 0 comments

Hamil Janin 7 Bulan: Ceklis Persiapannya di Sini


Bunda, saat masa kehamilan menginjak 7 bulan, tentu masa persalinan sudah semakin dekat. Masa paling mendebarkan dan ditunggu-tunggu akan segera datang. Pada akhir trisemester ini, Bunda mungkin mulai sering sesak napas karena janin terus membesar. Meskipun kondisi tersebut tidak akan berlangusng lama. Terlebih lagi setelah janin berada di posisi siap dilahirkan dengan bagian kepala di bawah.
Hamil Janin 7 Bulan
sumber:https://image.freepik.com/free-photo/pregnant-woman-standing-by-window_1303-12880.jpg

Berbeda dari masa kehamilan sebelumnya, usia janin 7 bulan menjadi masa paling pas untuk mempersiapkan segala hal. Terutama kebutuhan proses persalinan dan keperluan sang bayi. Apa saja ceklis yang harus Bunda persiapkan? Berikut ini ceklis persiapannya.


1. Makanan Bernutrisi

Usia janin 7 bulan menjadi masa puncak perkembangan bayi. Berbeda dari bulan sebelumnya, trisemester ketiga ini Bunda harus lebih banyak mengonsumsi makanan bernutrisi. Seperti makanan kaya protein, vitamin, zat besi, asam folat dan kalsium. Pasalnya, pada masa kehamilan 7 bulan, perkembangan otak janin dan organ internal sedang dibentuk. Tentu saja agar perkembangan optimal, asupan makanan bernutrisi juga harus optimal.

2. Banyak Menstimulasi

Pada masa kehamilan 7 bulan berarti janin berada di rentang usia 29-32 minggu. Pada usia tersebut, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa perkembangan janin harus dibantu dengan stimulasi. Terutama stimulasi yang datang dari Bunda. Stimulasi bisa berupa cahaya, suara, bunyi atau sentuhan. Stimulasi dari cahaya dapat meningkatkan perkembangan penglihatannya. Sementara stimulasi dari suara, bunyi dan sentuhan dapat meningkatkan perkembangan otak, syaraf dan pendengarannya.

3. Banyak Membaca

Bunda, perbanyaklah membaca pada masa kehamilan 7 bulan. Kebiasaan membaca akan ikut menular pada janin. Kegiatan ini sangat positif daripada Bunda hanya tidur atau bermain gadget. Bunda bisa memilih membaca buku-buku ringan. Mulai dari persalinan, pola asuh anak hingga menjadi orang tua terbaik bagi anak. Ketika membaca, Bunda bisa mengeraskan suara agar janin ikut mendengar sekaligus bisa menstimulasi perkembangannya.

4. Perlengkapan Bayi

Memeriksa perlengkapan bayi sangat diperlukan pada masa kehamilan ini. Bunda bisa memastikan apakah semua perlengkapan bayi sudah lengkap atau belum. Jika belum maka Bunda bisa segera melengkapi dengan berbelanja. Karena semakin lama masa kehamilan maka janin di rahim akan semakin besar. Sehingga Bunda semakin sulit untuk bergerak ke sana dan ke sini. Perlengkapan bayi juga perlu dipersiapkan untuk dibawa ke rumah sakit saat persalinan.

5. Memendekkan Rambut

Sebagian ibu hamil mengungkapkan bahwa kehamilan 7 bulan menjadi waktu yang tepat untuk memotong rambut. Rambut yang panjang bisa merepotkan Bunda saat proses persalinan. Bahkan mengganggu aktivitas menyusui ketika janin sudah lahir. Selain itu, rambut pendek juga membuat Bunda lebih praktis selama menjalani masa-masa akhir kehamilan. Alhasil, Bunda tidak mudah kegerahan, keramas juga lebih gampang dan cepat kering.

6. Melakukan Relaksasi

Relaksasi penting sekali dilakukan ya, Bunda. Hal tersebut karena masa kehamilan bukanlah masa yang mudah untuk dilalui. Mintalah pada pasangan untuk menemani relaksasi. Bunda bisa memilih pergi ke taman, treatment di salon atau ke tempat yang Bunda sukai. Relaksasi bisa mengurangi stres selama kehamilan dan kekhawatiran menghadapi persalinan. Relaksasi juga bisa dilakukan dengan mengunjungi dokter untuk mengetahui perkembangan janin.
Selain itu, Bunda juga perlu membuat ceklis persiapan melakukan olahraga. Jangan lupa Bunda, olahraga dapat membuat tubuh lebih bugar menjalani masa kehamilan dan persalinan. Bunda bisa memilih berolahraga ringan seperti berjalan, berenang, prenatal yoga atau senam hamil. Nah, kini Bunda menjadi lebih mudah menjalani sisa masa kehamilan dan persalinan dengan adanya ceklis persiapan di atas, kan!

Author

Bidan Putsel

Bidan Puput Sela Soraya, berbagi tulisan untuk membantu bunda dan si kecil.

0 comments: